Photobucket

WELCOME

Sabtu

Misi Terakhir Pesawat Ulang Alik Endeavour

Pesawat ulang-alik Endeavour akan meluncur untuk terakhir kali dari Kennedy Space Center, Florida, Amerika Serikat, pada 29 April 2011. Peluncuran pesawat itu pada pukul 15.47 waktu setempat atau Sabtu dinihari pukul 03.47 WIB tersebut akan dihadiri oleh Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

Juru bicara NASA, Allard Beutel, belum bisa mengkonfirmasi kehadiran Obama dan keluarganya."Namun kami selalu menyambut kunjungan dari Presiden," katanya.


http://www.techshout.com/images/endeavour-being-prepared-by-nasa.jpg
Endeavour

Penerbangan yang diberi nama STS-134 ini membawa tujuh awak, dengan Mark Kellu sebagai komandan penerbangan dan Greg Johnson sebagai pilot. Selama 14 penerbangan di orbit, ketujuh awak tak hanya duduk santai. Mereka harus memperbaiki Stasiun Antariksa Internasional (ISS) agar bisa bekerja sempurna pascapenutupan misi ulang-alik. Tiga astronaut akan memperbaiki bagian luar ISS dengan melakukan spacewalk sebanyak empat kali.

Misi STS-134 membawa peralatan eksperimen canggih untuk dipasangkan di stasiun antariksa bernama Alpha Magnetic Spectrometer-2 (AMS), sebuah alat pengukur spektrum cahaya. Alat seberat 7 ton seukuran minivan ini mampu mencari materi gelap, antimateri, dan berbagai fenomena baru yang tak pernah diketahui sebelumnya. Spektrometer itu merupakan partisipasi dari 17 negara, termasuk tiga negara Asia, yaitu Cina, Korea Selatan, dan Taiwan.

Instrumen lain yang akan diangkut dalam misi ini adalah Express Logistics Varrier 3 (ELC3) untuk memenuhi kebutuhan logistik bagi awak stasiun, suku cadang stasiun, dan tameng mikrometeoroid.

Pesawat ulang-alik Endeavour dibuat pada 1987 sebagai pengganti Challenger, yang hancur saat peluncuran lima tahun sebelumnya. Penerbangan pertama Endeavour dilakukan pada Mei 1992. Itu adalah misi ulang-alik yang membawa astronaut wanita berdarah Afrika-Amerika pertama.

Nama pesawat ulang-alik ini diambil dari nama kapal milik pelaut kenamaan Inggris, Kapten James Cook, yang bernama HMS Endeavour. Untuk membangun pesawat itu, dibutuhkan biaya sebesar US$ 2,2 miliar. Dibandingkan dengan pesawat ulang-alik lainnya, Endeavour memiliki fitur yang lebih maju karena dilengkapi parasut sebagai alat bantu pengereman pendaratan.

Sepanjang 18 tahun beroperasi, Endeavour telah melakukan 25 kali penerbangan. Misi paling bersejarah yang pernah dilakukan pesawat ini terjadi pada 1993. Ketika itu Endeavour membawa instrumen pengoreksi optik bernama COSTAR yang dipasangkan pada teleskop luar angkasa Hubble. Alat ini mampu meningkatkan kinerja optik teleskop optik terbesar di orbit itu sehingga menghasilkan foto-foto yang tajam.

Pada saat kembali dan mendarat di bumi, 13 Mei mendatang, Endeavour telah terbang sejauh 160 juta kilometer atau lebih jauh dari jarak bumi ke matahari. Selama "hidupnya" yang singkat itu, Endeavour pernah merapat sekali di Stasiun Antariksa Rusia (MIR) serta 12 kali di Stasiun Antariksa Internasional dan mengangkut 148 awak.

Source: http://tempointeraktif.com/hg/sains/2011/04/28/brk,20110428-330843,id.html

0 comments:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger